Senin, 29 Juli 2024

Materi kelas 2 tanggal 30 juli 2024

      



Nama Guru                              : Sofi Nahari Oktariani, S.Pd.

Satuan Pendidikan              : SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

Kelas / Semester                 : 2 / 1

Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit

Materi Pembelajaran            : Do you like apple?

Tujuan Pembelajaran          : 

Pada pembelajaran  ini peserta  didik  mampu  menggunakan  kata tanya  "do you like ...?" kepada teman-teman,  orang tua, dan guru menggunakan bahasa tubuh yang baik dengan ramah dan tepat.


1. Apersepsi

Assalamualaikum warrohmatullahi wabarokatuh...
Good morning class, how do you do? Hopefully your day will be better than yesterday. Miss harap semangat kita dalam menuntut ilmu terus bertambah setiap hari ya nak, karena menuntut ilmu itu hukumnya wajib sebagai bekal hidup kita di dunia dan akhirat. Gimana, hari ini sudah sholat dhuha belum? murojaahnya juga jangan lupa ya nak.
Well, Alhamdulillah setelah libur panjang akhirnya kita dapat bertemu dalam pembelajaran bahasa inggris di tahun ajaran baru ini. Sebelumnya perkenalkan, nama ibu guru yaitu Sofi. Anak-anak biasa menyapa dengan panggilan "Mom Sofi" 😊

Baik anak-anak, materi kita pada pembelajaran pertama ini adalah tentang "Do you like apple?" yang artinya "apakah kamu menyukai buah apel?". Apakah kalian tahu nama-nama buah dalam bahasa inggris? 

untuk itu mari kita sama-sama simak yuk video berikut ini.

Let's check it out!








2. Materi Pembelajaran

Kata “like” dan “likes” adalah kata kerja (verb) yang digunakan untuk menyatakan suka atau tidak suka terhadap sesuatu, termasuk buah-buahan. Dalam bahasa Inggris, kata “like” berarti suka, sedangkan “likes” berarti menyukai. Oleh karena itu, kedua kata ini dapat digunakan untuk menyatakan kesukaan terhadap buah atau untuk menyebutkan preferensi orang lain.

Contoh kalimat dengan menggunakan “like” dan “likes”:

  1. I like apples. (Saya suka apel.)
  2. She likes bananas. (Dia menyukai pisang.)
  3. They don’t like durians. (Mereka tidak suka durian.)
  4. Do you like strawberries? (Apakah kamu suka stroberi?)
  5. My sister likes all kinds of fruits. (Adik perempuan saya menyukai segala jenis buah-buahan.)
  6. He doesn’t like oranges, but he likes orange juice. (Dia tidak suka jeruk, tetapi dia menyukai jus jeruk.)

Contoh kalimat dengan menggunakan “likes” untuk menyebutkan preferensi orang lain:

  1. My brother likes mangoes. (Adik laki-laki saya suka mangga.)
  2. My mother likes grapes and watermelons. (Ibu saya menyukai anggur dan semangka.)
  3. Her friend likes papayas, but she doesn’t like them. (Teman wanita nya menyukai pepaya, tetapi dia tidak suka.)
  4. Our teacher likes to eat fruits as a healthy snack. (Guru kami suka makan buah-buahan sebagai camilan sehat.)

Ketika menggunakan kata “like” dan “likes”, perhatikan bentuk kata kerjanya yang berubah tergantung pada subjek kalimatnya.

  1. “Like” sebagai Kata Kerja:
    • Subjek Tunggal: Ketika subjek kalimatnya adalah orang ketiga tunggal (hesheit, atau singular noun), kita menggunakan “like” sebagai kata kerja. Contoh: “He likes ice cream” (Dia suka es krim), “She likes to read” (Dia suka membaca).
    • Subjek Jamak: Ketika subjek kalimatnya adalah orang kedua atau ketiga jamak (youthey), kita juga menggunakan “like” sebagai kata kerja. Contoh: “You like playing soccer” (Kamu suka bermain sepak bola), “They like going to the beach” (Mereka suka pergi ke pantai).
  2. “Likes” sebagai Kata Kerja:
    • Subjek Tunggal: Ketika subjek kalimatnya adalah orang ketiga tunggal (hesheit, atau singular noun), kita menggunakan “likes” sebagai bentuk kata kerja yang sesuai. Contoh: “She likes to swim” (Dia suka berenang), “The cat likes to sleep” (Kucing itu suka tidur).
    • Subjek Jamak: Untuk subjek jamak, kita kembali menggunakan “like” sebagai kata kerja. Contoh: “They like watching movies” (Mereka suka menonton film), “We like hiking in the mountains” (Kami suka mendaki di pegunungan).

Jadi, intinya adalah untuk subjek tunggal orang ketiga, kita gunakan “likes,” sedangkan untuk subjek jamak atau subjek lainnya, kita gunakan “like.” Pastikan selalu memperhatikan subjek kalimatnya untuk memilih bentuk yang sesuai.

Selain itu, kata “like” dan “likes” juga dapat digunakan untuk menyatakan kesukaan terhadap hal lain, seperti makanan, hobi, atau musik. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan kata-kata ini dalam kehidupan sehari-hari! untuk lebih jelasnya yuk mari kita simak lagu berikut ini.



3. Contoh Soal




4. Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan kita tentang "do you like apple". anak - anak telah mengetahui nama-nama buah dalam bahasa inggris, anak-anak juga mampu mengungkapkan buah kesukaannya dalam sebuah kalimat singkat. Semoga selanjutnya anak-anak bisa mempraktikan kalimat ini di kelas bersama guru dan teman yaa 😉

5. Penutup

Jika tidak ada pertanyaan mam sofi akhiri pembelajaran kita pada hari ini
Wassalamualaikum...wr....wrb.....

0 komentar:

Posting Komentar